Advertisement

10 Tips Mengoptimalkan Google Plus Untuk SEO


Google Plus (G+) dapat menjadi salah satu cara mendapatkan traffic dan meningkatkan posisi blog Anda di mesin pencarian. Bukan rahasia. Ketika programmer membangun Google+, mereka membangun sebuah raksasa SEO untuk mendominasi hasil pencarian di atas semua platform sosial lainnya. Meskipun Facebook dan Twitter sangat penting untuk upaya pemasaran, keduanya membatasi Google mengakses banyak data mereka. Hal ini membatasi efektivitas SEO mereka. Tapi tidak demikian halnya dengan Google+.

Berikut ini adalah sebuah percobaan yang dilakukan Moz: Jika Anda menggunakan Google+, lakukan pencarian nama dan periksa distribusi domain dari 100 hasil pertama. Grafik di bawah ini menunjukkan apa yang terjadi ketika mencari nama Cyrus Shepard.

Hasil Pencarian Google+


Meskipun saya jauh lebih sering menggunakan Twitter dan Facebook, Google+ mendominasi hasil pencarian. Google+ bahkan mengalahkan SEOmoz dan blog pribadi Cyrus Shepard. Kalikan hasil ini untuk 100 juta orang, dan Anda dapat mulai memahami ruang lingkup platform Google.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengambil manfaat dari dominasi SEO ini untuk keuntungan Anda sendiri.

1. Ikuti link profil Anda

Pertimbangkan ini: pada SEOmoz Anda harus mendapatkan 200 Mozpoints sebelum mendapatkan link profil diikuti (mengirimkan komentar yang baik!) Di sisi lain, Google+ tidak hanya memungkinkan Anda untuk link ke profil Anda yang lain di seluruh web, tetapi Anda dapat menanamkan link diikuti langsung ke bio Anda dengan anchor teks pilihan Anda.

contoh link profile


Nilai sebuah link dari Google+ adalah, dalam teori, seperti yang lain. Hal ini tergantung pada otoritas halaman dan domain. Profil Cyrus Shepard sendiri menunjukkan metrik berikut:

MozRank: 1.91
PageAuthority: 49
PageRank: 3

Jika Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda dengan mendapatkan lebih banyak orang untuk terlibat dengan Anda, berbagi posting Anda, atau link langsung ke profil Anda, menjadi semakin berharga link profil Anda.

2. Embed posting links

Seperti link profil, Google+ juga memungkinkan Anda untuk memasukkan link yang menuju ke posting Anda - sebanyak yang Anda inginkan. Cukup masukkan URL lengkap dan Google secara otomatis akan memformat sebagai link.

Nilai link ini meningkatkan jumlah pos shared, linked to, dan +1.

Sebagai contoh, lihat posting satu kalimat dari Alexia Tsotsis ini, yang memiliki PageRank 3 dan di-cache oleh Google setiap beberapa minggu. (Meskipun PageRank tidak sangat berkorelasi dengan perangkingan, untuk Google+ itu sering menjadi satu-satunya metrik yang tersedia.) Jika posting Anda menyebar atau dibagikan ulang oleh profil otoritas tinggi, nilai link tersebut meningkat.

contoh link diikuti
Alexia Tsotsis

3. Optimalkan judul tag G + Anda

Kalimat pertama posting Google+ Anda menjadi bagian dari tag judul, yang sangat berkorelasi dengan peringkat dan sangat mempengaruhi tarif klik-melalui (click through rates atau ctr). Pilih kata kunci Anda dengan hati-hati dan pertimbangkan bahwa kalimat pertama akan menjadi hal pertama yang dilihat kebanyakan orang. Sebuah posting yang menyebar secara luas dengan judul yang baik memiliki peluang bagus untuk peringkat kata kunci yang diberikan.

Lihat peringkat judul posting sederhana dari Danny Sullivan.

Google+ Danny Sullivan

4. Kekuatan mengedit tanpa batas

Google+ sama seperti platform blogging mini pribadi Anda. Ini berarti Anda dapat sepenuhnya mengubah setiap posting Anda setiap saat. Tidak demikian halnya dengan Facebook atau Twitter. Facebook memberi Anda kemampuan editing terbatas. Twitter, setelah Anda men-tweet, hanya memungkinkan Anda untuk menghapus.



Hal ini penting jika posting Google+ Anda menyebar dan Anda ingin membuat perbaikan atau perubahan. Jika perlu, Anda juga dapat memperbarui tag judul dan foto atau multimedia lainnya yang Anda lampirkan. Anda mungkin tidak memiliki platform tersebut, tapi Google+ memberi Anda kendali yang luas atas konten Anda sendiri.

5. Indeks konten baru secepat kilat

Jika Anda berbagi konten baru di Google+, kemungkinan bahwa Google akan mengindeks halaman dengan sangat cepat. Rumor mengatakan bahwa URL baru di-crawl hampir seketika. Ini masuk akal karena salah satu dari tujuan Google+ adalah untuk menggantikan Twitter saat membuat Google Realtime Search.

Pada masa lalu, jika Anda ingin website diindeks, Anda mengisi formulir di web dan menunggu beberapa minggu. Sekarang, itu semudah seperti menekan tombol +1.

"Google+ adalah kotak submit URL baru Google."
- Rand Fishkin, TUMBUH 2012 Sumber
Bagikan konten baru di Google+, serta jaringan sosial Anda yang lain, jika ingin cepat diindeks.

6. Manfaatkan 17 pemicu notifikasi

Google+ berisi 17 pemicu notifikasi yang berbeda yang dapat membantu Anda berhubungan dengan influencer dalam industri Anda. Tergantung pada pengaturan akun individu, pemberitahuan ini dapat dalam bentuk email, SMS telepon, atau di bar pemberitahuan Google yang akan berwarna merah jika ada notifikasi.



17 tindakan yang memicu pemberitahuan:


  1. Menyebut teman Anda dalam posting
  2. Berbagi posting dengan mereka secara langsung
  3. Berbagi posting dan Anda berada dalam lingkaran yang mereka ikuti
  4. Komentar pada posting yang mereka buat
  5. Komentar pada posting setelah mereka mengomentarinya
  6. Tambahkan mereka ke lingkaran
  7. Sarankan orang baru untuk ditambahkan ke lingkaran mereka
  8. Tag mereka dalam foto
  9. Tag salah satu foto mereka
  10. Sarankan foto profil untuk mereka
  11. Komentar pada foto setelah teman Anda mengomentarinya
  12. Mengomentari foto yang menautkan mereka 
  13. Mengomentari foto yang mereka tautkan
  14. Memulai percakapan dengan mereka
  15. Mengirimi mereka sebuah undangan atau memperbarui acara
  16. Ingatkan mereka tentang peristiwa
  17. Setiap aktivitas di acara yang mereka menciptakan
Peringatan: aktifitas yang mencurigakan dianggap Google sebagai spam dan di-banned selamanya.

7. Optimalkan foto penulis Anda untuk menambah traffic

Menurut hasil beberapa kali uji coba, foto profil Google+ dapat menyebabkan peningkatan CTR untuk website Anda.



Jika Anda berhasil menerapkan tag penulis dan memiliki foto menarik, seringnya tidak masalah jika Anda menempati posisi 2, 3 atau bahkan 4. Dengan foto yang eye-catching Anda bisa mengambil traffic gratis bahkan dari pesaing Anda yang perada di posisi #1.

8. Tes dashboard media sosial G+

Google Analytics telah berkembang dengan melengkapi fitur laporan media sosial. Adam Singer menciptakan media sosial dashboard mengagumkan yang dapat Anda gunakan secara gratis. Hanya dengan sekali pandang, Anda dapat melihat semua metrik penting dari lalu lintas Google+ dan semua jaringan sosial lainnya termasuk:


  • Tindakan Sosial pada website Anda, misalnya Google +1
  • Pendapatan per Kunjungan dari media sosial
  • Statistik Traffic keseluruhan yang berasal dari media sosial
Caranya Anda tinggal instal dashboard ini secara gratis di akun Google Analytics Anda dengan mengklik di sini.



9. Periksa CircleRank Anda

Alat baru yang jadi favorit adalah CircleCount. Cobalah sekarang dengan menyisipkan di URL Google+ untuk melihat pertumbuhan jumlah pengikut harian Anda, penyebaran posting Anda, dan bahkan melihat skor "CircleRank" Anda dibandingkan terhadap profil Google+ lainnya.



CircleRanks catatan:

Rand Fishkin: 2214
Pemilu sudah usai. Brittany menang.

10. Jadilah pengguna yang memukau

Bahkan dengan pertumbuhan luar biasanya, hanya 1 dari 4 orang menggunakan Google+ sebulan sekali. Meskipun jumlah ini terus bertambah dengan cepat.

Tak satu pun dari tips ini bermanfaat kecuali jika Anda benar-benar menggunakan Google+. Dari 400 orang yang sudah saya dilingkari Google+ saya, hanya sekitar 75 berpartisipasi aktif. Tidak mengherankan, ini cenderung menjadi jenis SEO dan media yang lebih cerdas. Masih ada waktu. Orang-orang sedang tertular menggunakan ini. Ya, pengadopsi pertama yang jadi juara.

Anda dapat melakukan Google+ dalam waktu kurang dari 10 menit sehari. Ini berarti menciptakan kebiasaan sederhana untuk masuk ke dalam alur kerja Anda.


  1. Tekan tombol +1 untuk menyebarkan komentar yang berharga
  2. ... Menambahkan komentar pada hal-hal yang benar-benar hebat
  3. Tambahkan Tombol +1 pada konten Anda Sendiri
  4. Terlibat/Komentar/Bagikan ulang/Mulai Hangout/Buat Acara
  5. Lingkari orang-orang hebat
  6. Buatlah mudah bagi orang untuk melingkari Anda
Sumber: http://moz.com/blog/tips-to-use-google-for-seo
10 Tips Mengoptimalkan Google Plus Untuk SEO 10 Tips Mengoptimalkan Google Plus Untuk SEO Reviewed by Mycorps King on 09:07:00 Rating: 5

5 comments:

  1. Wah, ternyata segitu hebatnya potensi G .. Agak menyesal juga tidak memaksimalkan akun saya padahal uda kenal lama. Makasi banyak nih pencerahannya.. Memotivasi sangat u/ lebih produktif di G . Salam kenal

    ReplyDelete
  2. Bener juga nih ya mas. Saya sering gunakan +1 untuk mempercepat index artikel postiingan :)

    ReplyDelete
  3. Maksih bang...atas info nya...mampir ke blog saya bang. Www.hisyam38.blogspot.com dan perikanan38.blogspot.com....mohon saran dan bimbingan nya

    ReplyDelete
  4. memang google + keren banget, cm terkadang agak bingung karena banyaknya hal yang bisa di dapatkan disini...artikel yg sangat membantu utk perkembangan blog kami...makasih

    ReplyDelete
  5. keren mas ulasannya.
    mencari-cari artikel tentang google + cuma punya sampeyan yang paling keren ulasannya. terimakasih sekali

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya kawan

Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun, karena blog ini tidak menggunakan moderasi komentar. komentar anda sangat berarti untuk blog ini.
Komentar bersifat SPAM otomatis non-aktif

Powered by Blogger.