Cara Membuat Internal Link Yang Tepat Di Blog dan Wordpress
Internal linking adalah
salah satu standar strategi SEO (tapi kurang dimanfaatkan) yang dapat sangat
efektif. Yang penting untuk
diingat adalah bahwa yang harus dikembangkan adalah struktur link internal
- ini berarti semacam pemetaan atau strategi, bukan sekedar menghubungkan
secara acak sesuai keinginan Anda. Pembahasan berikut ini berlaku untuk semua platform blog seperti blogspot maupun wordpress.
Internal Linking 101
Link internal adalah
link yang menghubungkan secara internal dari satu halaman ke halaman lain dari
situs Anda. Moz menegaskan bahwa
ada tiga alasan utama mengapa Link internal berguna:
- Memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs web Anda
- Membantu membangun hirarki informasi untuk situs web Anda
- Membantu meningkatkan otoritas halaman di website Anda (menyebar "link juice")
Fungsi-fungsi ini
semua saling berkaitan, tapi kita akan melihat mereka pada gilirannya.
Navigasi Website
Dari perspektif
kegunaan, link internal dapat membantu website Anda lebih mudah dinavigasi oleh
pengguna. Karena jika dilaksanakan dengan baik, struktur link internal Anda
dapat memandu pengguna website Anda dengan cara yang masuk akal. Sebagai
contoh, termasuk link internal dari halaman navigasi utama ke sub-halaman
terkait, mendorong pengunjung menerimanya secara logis - pergi dari satu
halaman ke halaman yang terkait dengan fokus yang sama tapi berkaitan adalah
cara navigasi yang secara alami dilakukan pengguna, dan struktur link internal
yang efektif akan memfasilitasi proses ini.
Hirarki Informasi
Sebuah struktur link
internal yang efektif dapat membantu membangun hirarki informasi di situs Anda
yang bermanfaat bagi pengguna dan mesin pencari. Situs yang baik memiliki
hirarki informasi yang jelas, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi
mereka, dan mesin pencari untuk menjelajah (crawl) dan mengindeks konten
mereka. Pikirkan website Anda terdiri dari tingkatan: home adalah tingkat pertama
dan yang paling penting, halaman utama dari navigasi adalah tingkat kedua, dan
sub-halaman menyusun tingkat yang lebih rendah dari hirarki.
Halaman tingkat yang
lebih tinggi harus berhubungan ke halaman konten yang lebih dalam dari website
Anda. Tujuan dari ini ada dua: pertama, jika situs Anda terstruktur dengan
baik, halaman yang terkait akan menghadirkan alur yang logis bagi pengguna
untuk memilihnya karena mereka menavigasi situs web Anda; kedua, halaman
otoritas yang lebih tinggi akan meningkatkan otoritas halaman tingkat yang
lebih rendah yang terhubung.
Selanjutnya, praktek
ini membuat situs Anda lebih memudahkan mesin pencari untuk menjelajah dan mengindeks.
Internal linking membantu Google bot merayapi dan mengakses berbagai bagian
situs web Anda lebih dari sekedar halaman dan menu navigasi utama. Ia bekerja
banyak dengan cara yang sama seperti halnya untuk pengguna: dengan
menghubungkan secara internal ke halaman lain di situs Anda, konten yang lebih
mudah untuk menemukan.
SEO dan Halaman Authority
Biasanya, semakin
tinggi halaman web pada hirarki informasi, semakin banyak otoritas yang akan
memiliki halaman tersebut. Halaman Beranda Anda, misalnya, harus memiliki
otoritas yang paling dari semua halaman, dan kemudian halaman navigasi utama, dan
sebagainya. Link internal dapat membantu menyebarkan otoritas halaman ini di seluruh
situs Web Anda.
Merupakan pengetahuan
umum bahwa inbound link dari halaman berkualitas tinggi di seluruh web dianggap
sebagai "orang kepercayaan" oleh mesin pencari, sehingga dia harus
melayani halaman yang terhubung untuk meningkatkan otoritasnya. Link internal
dari satu halaman di situs Anda ke halaman lain bekerja dengan cara yang sama -
Anda menggunakan halaman otoritas tinggi untuk meminjamkan otoritas ke halaman
lain di situs Anda, sehingga meningkatkan kesempatan mereka untuk naik
otoritasnya.
Hal ini
menguntungkan karena, tidak seperti inbound link, Anda memiliki kontrol dari
struktur link internal Anda. Anda dapat menyusun strategi di mana Anda ingin
menargetkan otoritas website Anda, memprioritaskan halaman yang penting,
menempatkan anchor link teks yang lebih tinggi pada halaman web Anda, dan mencoba
berbagai praktik lain yang tidak dapat Anda lakukan pada inbound link Anda.
Tips Link Internal
Struktur logis
Ketika Anda
menghubungkan secara internal, pastikan Anda mengikuti struktur logis. Hubungkan
dari satu halaman ke halaman lain yang relevan. Jika misalnya Anda memiliki
halaman “Jasa” di navigasi utama Anda, link ke halaman layanan tertentu yang
lebih rendah dalam hirarki situs tetapi relevan dan masuk akal untuk pola
navigasi pengguna. Ingat, Anda ingin link ini membantu pengguna lebih mudah dalam
melakukan navigasi. Dengan begitu, pengunjung dapat menemukan informasi yang
mereka butuhkan dengan cepat dan efektif.
Link Dari Halaman Beranda (Home)
Halaman Home Anda
biasanya memiliki otoritas tertinggi dari semua halaman web di situs Anda.
Dengan menghubungkan ke halaman yang relevan yang lebih rendah dalam hirarki
situs Anda, Anda meminjamkan kredibilitas ke halaman tingkat lebih rendah. Ini
membantu dari perspektif SEO karena dapat meningkatkan otoritas halaman, tetapi
juga dari pengalaman pengguna sudut pandang seperti itu dapat membantu pengguna
langsung ke informasi lain yang relevan di situs Anda.
Link Dari Halaman Lebih Tinggi Dalam Hirarki Informasi Anda
Ini adalah praktik
yang baik karena sejumlah link mengalir ke laman ini dari halaman home, sebagai
akibat dari kedekatan mereka dengan dalam hirarki situs. Ketika halaman
tersebut terhubung ke halaman yang lebih dalam di situs Anda, dapat membantu
menyebarkan otoritas untuk halaman tingkat yang lebih rendah serta membantu
pengguna mencari informasi di website Anda.
Hubungkan Secara Benar Dalam "Silo"
Jika sudah diatur
dengan benar, situs Anda akan terbagi ke dalam silo berbeda yang terkait secara
tematis. Sebanyak mungkin, halaman dalam satu silo harus link ke halaman lain
dalam silo itu. Jika Anda perlu untuk link ke halaman di luar satu silo,
pastikan Anda link ke halaman tingkat atas dari silo lain yang terkait - bukan
halaman tingkat yang lebih rendah.
Link Dari Halaman Berotoritas Tinggi
Gunakan Google
Analytics, Open Site Explorer, atau alat lain yang Anda pilih untuk
mengidentifikasi halaman di situs Anda yang menerima paling banyak inbound
link. Karena halaman tersebut sudah menerima otoritas dengan cara backlink,
Anda dapat menyebarkan otoritas ke halaman lain dari situs Anda dengan
menghubungkan halaman tersebut ke halaman internal lainnya.
Link Dari Blog Anda
Blog adalah cara
yang bagus untuk menyebarkan link otoritas di website Anda, terutama jika blog
Anda memiliki otoritas tinggi. Banyak platform blog memungkinkan Anda untuk
menggunakan plugin internal linking yang dapat membantu Anda mengidentifikasi
posting terkait untuk diihububungkan pada blog Anda, dan Anda juga dapat
memanfaatkan hal-hal seperti top posting blog widget, kategori, posting
terbaru, dan posting yang disarankan. Dan Anda tidak hanya harus link ke
posting lain di blog Anda - Anda juga dapat membuat link internal untuk produk,
kategori dan layanan halaman di situs utama Anda.
Link Ke Halaman Penting
Untuk halaman
penting di website Anda yang Anda sangat ingin menaikkan otoritasnya, pastikan
untuk mengirim link ke mereka. Semakin serng Anda mengirim dari halaman
otoritas tinggi (selama mereka relevan) maka semakin baik. Sekali lagi, ini
menguntungkan untuk navigasi pengguna dan untuk menyebarkan lebih banyak otoritas
ke halaman ini.
Gunakan Deskriptif Anchor Text
Anchor text membantu
mengarahkan pengguna ke halaman yang relevan serta memungkinkan crawler mesin pencari lebih memahami
konteks halaman web yang terhubung. Anda harus menggunakan deskriptif, anchor
text relevan untuk keperluan link internal. Biasanya, Anda akan memasukkan kata
kunci yang Anda targetkan pada halaman yang akan Anda buat link internalnya.
Namun, hati-hati over-optimasi, misalnya menghubungkan setiap kali kata kunci
yang muncul pada halaman, karena hal ini bertentangan dengan aturan SEO (juga
menyebalkan untuk pengguna).
Kesimpulan
Link internal
merupakan pratik standar SEO. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik akan
menguntungkan Anda karena meningkatkan minat pengunjung blog Anda dan
memudahkan dan mesin pencari dalam melacak isi web Anda.
Sumber: http://www.searchenginepeople.com/blog/925-howto-internal-linking.html#ixzz3H6P9ogjF
Cara Membuat Internal Link Yang Tepat Di Blog dan Wordpress
Reviewed by me
on
07:47:00
Rating:

Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
ReplyDeleteManteep sob untuk artikelnya :)
ReplyDeleteMakasih gan untuk informasi tutornya :)
ReplyDeletedaftar langsung dapat uang 50dollar gratis klik ini http://www.domainit.com?a=novin82 [?]
ReplyDeleteTerima kasih mas akan pengenalan tentang internal link
ReplyDeleteMau tanya gan soalnya di artikel ini tidak di tuntun cara penggunaan secara riskan , maksud saya cara membuat rel attribut untuk link internal . apakah sebaiknya menggunakan attribut nofollow atau bagaimana baiknya gan ???
ReplyDeleteMau tanya gan soalnya di artikel ini tidak di tuntun cara penggunaan secara riskan , maksud saya cara membuat rel attribut untuk link internal . apakah sebaiknya menggunakan attribut nofollow atau bagaimana baiknya gan ???
ReplyDeletewah sangat membantu nih min, thanks dah mau berbagi...serta izin bookmark soalnya akan selalu ane butuhin deh kayanya'-'
ReplyDeletesangat bagus pembahasannya. dan berguna untuk meningkatakan seo sebuah website
ReplyDeleteBahasanya susah dimengerti, tapi its OK
ReplyDeleteInformasinya Sanagat Membantu, terimakasih
ReplyDeletegan saya mau bertanya gimana cara membuat struktur logis
ReplyDeletebagus sekali infonya dan sangat bermanfaat bagi saya .. terimakasih
ReplyDeletekunjungi WALATRA SEHAT MATA – 5X LEBIH CEPAT ATASI MASALAH MATA
GAMAT EMAS KAPASUL | 5X LEBIH CEPAT ATASI BERBAGAI PENYAKIT
CARA ATASI SAKIT SENDI SECARA CEPAT DAN ALAMI
OBAT PENGHANCUR KANKER SECARA ALAMI
HERBAL BERSIH WANITA-KHUSUS UNTUK MASALAH KEWANITAAN
Adista_Herbal
san antonio escorts
ReplyDeleteGenius only means hard-working all one's life.
Mantul gan buat tutor nya Suplemen Penambah Berat badan
ReplyDelete