Advertisement

Cara Membuat Internal Link Yang Tepat Di Blog dan Wordpress


Internal linking adalah salah satu standar strategi SEO (tapi kurang dimanfaatkan) yang dapat sangat efektif. Yang penting untuk diingat adalah bahwa yang harus dikembangkan adalah struktur link internal - ini berarti semacam pemetaan atau strategi, bukan sekedar menghubungkan secara acak sesuai keinginan Anda. Pembahasan berikut ini berlaku untuk semua platform blog seperti blogspot maupun wordpress.

Internal Linking 101

Link internal adalah link yang menghubungkan secara internal dari satu halaman ke halaman lain dari situs Anda. Moz menegaskan bahwa ada tiga alasan utama mengapa Link internal berguna:
  1. Memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs web Anda
  2. Membantu membangun hirarki informasi untuk situs web Anda
  3. Membantu meningkatkan otoritas halaman di website Anda (menyebar "link juice")

Fungsi-fungsi ini semua saling berkaitan, tapi kita akan melihat mereka pada gilirannya.

Navigasi Website

Dari perspektif kegunaan, link internal dapat membantu website Anda lebih mudah dinavigasi oleh pengguna. Karena jika dilaksanakan dengan baik, struktur link internal Anda dapat memandu pengguna website Anda dengan cara yang masuk akal. Sebagai contoh, termasuk link internal dari halaman navigasi utama ke sub-halaman terkait, mendorong pengunjung menerimanya secara logis - pergi dari satu halaman ke halaman yang terkait dengan fokus yang sama tapi berkaitan adalah cara navigasi yang secara alami dilakukan pengguna, dan struktur link internal yang efektif akan memfasilitasi proses ini.

Hirarki Informasi

Sebuah struktur link internal yang efektif dapat membantu membangun hirarki informasi di situs Anda yang bermanfaat bagi pengguna dan mesin pencari. Situs yang baik memiliki hirarki informasi yang jelas, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi mereka, dan mesin pencari untuk menjelajah (crawl) dan mengindeks konten mereka. Pikirkan website Anda terdiri dari tingkatan: home adalah tingkat pertama dan yang paling penting, halaman utama dari navigasi adalah tingkat kedua, dan sub-halaman menyusun tingkat yang lebih rendah dari hirarki.

Halaman tingkat yang lebih tinggi harus berhubungan ke halaman konten yang lebih dalam dari website Anda. Tujuan dari ini ada dua: pertama, jika situs Anda terstruktur dengan baik, halaman yang terkait akan menghadirkan alur yang logis bagi pengguna untuk memilihnya karena mereka menavigasi situs web Anda; kedua, halaman otoritas yang lebih tinggi akan meningkatkan otoritas halaman tingkat yang lebih rendah yang terhubung.

Selanjutnya, praktek ini membuat situs Anda lebih memudahkan mesin pencari untuk menjelajah dan mengindeks. Internal linking membantu Google bot merayapi dan mengakses berbagai bagian situs web Anda lebih dari sekedar halaman dan menu navigasi utama. Ia bekerja banyak dengan cara yang sama seperti halnya untuk pengguna: dengan menghubungkan secara internal ke halaman lain di situs Anda, konten yang lebih mudah untuk menemukan.

cara membuat internal link


SEO dan Halaman Authority

Biasanya, semakin tinggi halaman web pada hirarki informasi, semakin banyak otoritas yang akan memiliki halaman tersebut. Halaman Beranda Anda, misalnya, harus memiliki otoritas yang paling dari semua halaman, dan kemudian halaman navigasi utama, dan sebagainya. Link internal dapat membantu menyebarkan otoritas halaman ini di seluruh situs Web Anda.

Merupakan pengetahuan umum bahwa inbound link dari halaman berkualitas tinggi di seluruh web dianggap sebagai "orang kepercayaan" oleh mesin pencari, sehingga dia harus melayani halaman yang terhubung untuk meningkatkan otoritasnya. Link internal dari satu halaman di situs Anda ke halaman lain bekerja dengan cara yang sama - Anda menggunakan halaman otoritas tinggi untuk meminjamkan otoritas ke halaman lain di situs Anda, sehingga meningkatkan kesempatan mereka untuk naik otoritasnya.

Hal ini menguntungkan karena, tidak seperti inbound link, Anda memiliki kontrol dari struktur link internal Anda. Anda dapat menyusun strategi di mana Anda ingin menargetkan otoritas website Anda, memprioritaskan halaman yang penting, menempatkan anchor link teks yang lebih tinggi pada halaman web Anda, dan mencoba berbagai praktik lain yang tidak dapat Anda lakukan pada inbound link Anda.


Tips Link Internal

Struktur logis
Ketika Anda menghubungkan secara internal, pastikan Anda mengikuti struktur logis. Hubungkan dari satu halaman ke halaman lain yang relevan. Jika misalnya Anda memiliki halaman “Jasa” di navigasi utama Anda, link ke halaman layanan tertentu yang lebih rendah dalam hirarki situs tetapi relevan dan masuk akal untuk pola navigasi pengguna. Ingat, Anda ingin link ini membantu pengguna lebih mudah dalam melakukan navigasi. Dengan begitu, pengunjung dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efektif.

Link Dari Halaman Beranda (Home)
Halaman Home Anda biasanya memiliki otoritas tertinggi dari semua halaman web di situs Anda. Dengan menghubungkan ke halaman yang relevan yang lebih rendah dalam hirarki situs Anda, Anda meminjamkan kredibilitas ke halaman tingkat lebih rendah. Ini membantu dari perspektif SEO karena dapat meningkatkan otoritas halaman, tetapi juga dari pengalaman pengguna sudut pandang seperti itu dapat membantu pengguna langsung ke informasi lain yang relevan di situs Anda.

Link Dari Halaman Lebih Tinggi Dalam Hirarki Informasi Anda

Ini adalah praktik yang baik karena sejumlah link mengalir ke laman ini dari halaman home, sebagai akibat dari kedekatan mereka dengan dalam hirarki situs. Ketika halaman tersebut terhubung ke halaman yang lebih dalam di situs Anda, dapat membantu menyebarkan otoritas untuk halaman tingkat yang lebih rendah serta membantu pengguna mencari informasi di website Anda.

Hubungkan Secara Benar Dalam "Silo"
Jika sudah diatur dengan benar, situs Anda akan terbagi ke dalam silo berbeda yang terkait secara tematis. Sebanyak mungkin, halaman dalam satu silo harus link ke halaman lain dalam silo itu. Jika Anda perlu untuk link ke halaman di luar satu silo, pastikan Anda link ke halaman tingkat atas dari silo lain yang terkait - bukan halaman tingkat yang lebih rendah.

cara membuat internal link


Link Dari Halaman Berotoritas Tinggi

Gunakan Google Analytics, Open Site Explorer, atau alat lain yang Anda pilih untuk mengidentifikasi halaman di situs Anda yang menerima paling banyak inbound link. Karena halaman tersebut sudah menerima otoritas dengan cara backlink, Anda dapat menyebarkan otoritas ke halaman lain dari situs Anda dengan menghubungkan halaman tersebut ke halaman internal lainnya.

Link Dari Blog Anda
Blog adalah cara yang bagus untuk menyebarkan link otoritas di website Anda, terutama jika blog Anda memiliki otoritas tinggi. Banyak platform blog memungkinkan Anda untuk menggunakan plugin internal linking yang dapat membantu Anda mengidentifikasi posting terkait untuk diihububungkan pada blog Anda, dan Anda juga dapat memanfaatkan hal-hal seperti top posting blog widget, kategori, posting terbaru, dan posting yang disarankan. Dan Anda tidak hanya harus link ke posting lain di blog Anda - Anda juga dapat membuat link internal untuk produk, kategori dan layanan halaman di situs utama Anda.

Link Ke Halaman Penting
Untuk halaman penting di website Anda yang Anda sangat ingin menaikkan otoritasnya, pastikan untuk mengirim link ke mereka. Semakin serng Anda mengirim dari halaman otoritas tinggi (selama mereka relevan) maka semakin baik. Sekali lagi, ini menguntungkan untuk navigasi pengguna dan untuk menyebarkan lebih banyak otoritas ke halaman ini.

Gunakan Deskriptif Anchor Text
Anchor text membantu mengarahkan pengguna ke halaman yang relevan serta memungkinkan crawler mesin pencari lebih memahami konteks halaman web yang terhubung. Anda harus menggunakan deskriptif, anchor text relevan untuk keperluan link internal. Biasanya, Anda akan memasukkan kata kunci yang Anda targetkan pada halaman yang akan Anda buat link internalnya. Namun, hati-hati over-optimasi, misalnya menghubungkan setiap kali kata kunci yang muncul pada halaman, karena hal ini bertentangan dengan aturan SEO (juga menyebalkan untuk pengguna).

Kesimpulan


Link internal merupakan pratik standar SEO. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik akan menguntungkan Anda karena meningkatkan minat pengunjung blog Anda dan memudahkan dan mesin pencari dalam melacak isi web Anda.

Sumber: http://www.searchenginepeople.com/blog/925-howto-internal-linking.html#ixzz3H6P9ogjF
Cara Membuat Internal Link Yang Tepat Di Blog dan Wordpress Cara Membuat Internal Link Yang Tepat Di Blog dan Wordpress Reviewed by Mycorps King on 07:47:00 Rating: 5

8 comments:

  1. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
    http://grosiracemaxstasik.com/

    ReplyDelete
  3. daftar langsung dapat uang 50dollar gratis klik ini http://www.domainit.com?a=novin82 [?]

    ReplyDelete
  4. Mau tanya gan soalnya di artikel ini tidak di tuntun cara penggunaan secara riskan , maksud saya cara membuat rel attribut untuk link internal . apakah sebaiknya menggunakan attribut nofollow atau bagaimana baiknya gan ???

    ReplyDelete
  5. Mau tanya gan soalnya di artikel ini tidak di tuntun cara penggunaan secara riskan , maksud saya cara membuat rel attribut untuk link internal . apakah sebaiknya menggunakan attribut nofollow atau bagaimana baiknya gan ???

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya kawan

Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun, karena blog ini tidak menggunakan moderasi komentar. komentar anda sangat berarti untuk blog ini.
Komentar bersifat SPAM otomatis non-aktif

Powered by Blogger.